KSU Mitra Sejahtera Berdayakan Para Petani

Hj. Nanie Ketua KSU Mitra Sejahtera & Direktur PT. Agro ASF

Pada era reformasi ini, peran koperasi diharapkan mampu mewujudkan koperasi sebagai suatu lembaga ekonomi professional yang berperan sebagai penggerak roda ekonomi masyarakat. Disamping itu koperasi diraharapkan mampu untuk turut serta dalam membangun tatanan perekonomian nasional dengan tujuan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, dalam arti koperasi sebagai lembaga yang bisa menjadi wadah pelaku ekonomi berdasarkan demokrasi ekonomi.  Sejak sejak zaman orde baru kita sudah mengenal suatu lembaga ekonomi ini yang berasaskan kekeluargaan bahkan telah terbukti selama ini mampu menggerakkan roda perekonomian di negeri ini dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama rakyat menengah kebawah. Serta Koperasi di Indonesia telah banyak mengalami fase perubahan seiring dengan berkembangnya zaman, serta lebih dewasa dalam sejarah indonesia dengan berbagai pengalaman baik itu suatu kegagalan serta keberhasialn yang telah di catat oleh sejarah ekonomi masa lalu. Dan saya yakin semakin hari masyarakat Indonesia pun menjadi semakin yakin dengan citra koperasi yang semakin membaik seiring dengan pendewasaan diri, sebab koperasi telah menjadi lembaga penggerak roda ekonomi yang bersifat statis. Perlu kita akui bahwa prospek koperasi di indonesia memilki banyak potensi yang sangat menjanjikan, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika koperasi di indonesia kedepan mampu mensejajarkan diri dengan kopersai di negara-negara maju.

Untuk mewujudkan masa dapan koperasi yang lebih baik di butuhkan peran serta antara pemerintah dan masyarakat umum untuk mensosialisasikan tentang pentingnya koperasi bagi masyarakat khusnya masyarakat menengah kebawah dengan tujuan membantu menggerakan roda perekonomian rakyat.

Menurut Ketua KSU Mitra Sejahtera HJ. Nanie bahwa kehadiran koperasi yang telah di Nahkodainya bersama dengan anggota-anggotanya memang telah menempatkan banyak peranan masyarakat menengah ke bawah, dengan maksud dan tujuannya untuk dapat mensejahterakan masyarakat, khusus dengan para petani yang telah banyak dia libatkan selama ini, sebab dia menyadari bahwa itulah tujuan utamanya dalam mendirikan koperasi saat ini.

“Kami akan tetap mengacu pada pelayanan yang baik bagi masyarakat sekitar agar dapat pula menggunakan koperasi ini untuk mengatasi kesulitan ekonomi maupun meningkatkan semua pendapatan dari sektor peningkatan ekonomi kerakyatan terutama bagaimana kita bisa memberdayakan pera petani kita lewat koperasi ini,serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat luas dan bersama anggota-anggotanya, merupakan dasar dari pengembangan koperasi ini” tutu Hj Nanie

Memang perlu kita sadari bahwa koperasi yang dapat mewujudkan kesejahteraan bagi para anggotanya akan dapat pula meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

Kesejahteraan masyarakat luas dapat diwujudkan apabila kesengsaraan ekonomis dan derajat hidup dikalangan miskin dan lemah dapat dihilangkan. Pengangguranpun dapat dicegah, distribusi pendapatan akan dapat dimekarkan, eksploitasi ekonomi dapat dihindarkan secara terus-menerus. Sebab aktualisasi diri dalam semangat kebersamaan satu dengan yang lain, baik dalam meningkatkan mutu maupun dalam meningkatkan kepercayaan diri dan keswadayaan secara bersama (collective self reliance).  Selain dari manfaat ekonomi untuk para anggota-anggotanya peran koperasi juga ada pada peningkatan sosial seperti peningkatan rasa solidaritas di kalangan anggota, rasa kekompakan anggota yang membentuk suatu keserasian, kepuasan kelompok secara bersama yang semakin tampak, koperasi juga dapat memacu external benefit, yakni kepada kalangan yang bukan anggotanya yang sesuai dalam lingkup prinsip kerja koperasi itu sendiri. Antara lain, penciptaan situasi dan kondisi sehingga manfaat koperasi di dalam menghindarkan pemerasan ekonomi yang terjadi, karena monopoli ekonomi dapat terhindarkan, serta pelayanan lain yang dapat dipacu agar masyarakat sekitar dapat pula menggunakan pelayanan ekonomis koperasi untuk mengatasi kesulitan ekonomi maupun meningkatkan semua sumber pendapatan.

Di tulis oleh: Bayhu Amatory  (Mantan Manager Kredit KSU Sahabat…………. )

Top Seles dengan pencapaian Omset/saham terbesar tahun 2002 Rp.260 JT (setara 1 milyar saat ini)

Jadilah Orang Pertama mengomentari tulisan kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s