Pentingnya Pemetaan Politik Bagi Kandidat

Oleh: Bayhu Amatory Direktur Promosi & Dokumentasi Publik PT. Latompi Indonesia (Latin Institute) dan Direktur Media & Publikasi Indeks Politica Indonesia (IPI)

Pilkada hari ini adalah pertempuran politik yang modern yang harus dimenangkan dengan metode modern jg dengan strategi dan senjata modern. Pilkada tidak bisa lagi dimenangkan dengan cara-cara tradisional lagi, baik berdasarkan perasaan  dan/atau sekadar hasrat pribadi.

Kemenangan dalam Pilkada ditentukan oleh masyarakat melalui mekanisme one person one vote, sehingga diperlukan teknik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun selera masyarakat agar dapat terpilih.

Kebutuhan dan selera masyarakat sebagai penentu kemenangan Pilkada tidak bisa diketahui hanya dengan perkiraan, berita koran, apalagi dengan hasrat pribadi saja.  Infomasi tersebut bisa didapatkan dengan sangat rinci melalui survei politik.

Survei politik tidak hanya berfungsi sebagai pemetaan kekuatan dan pengumpulan informasi tentang selera publik saja, tetapi juga mempunyai peran yang sangat vital dalam menentukan apakah seorang kandidat layak maju atau tidak dalam Pilkada.

Berbekal dari hasil survei, kandidat yang memutuskan maju dalam Pilkada dapat membuat rencana pemenangan dengan sangat baik, sehingga pemenangan Pilkada dapat dilakukan dengan pengerahan sumber daya yang efektif dan efisien serta hemat biaya.

Jadilah Orang Pertama mengomentari tulisan kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s