Prospek Bisnis Warkop

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya keluar masuk warung kopi di Makassar, saat ini bisnis warkop semakin marak saja. hampir di setiap sudut kota makassar kita temukan warkop plus hot spot. beberapa tahun lalu bisnis ini belum terlalu begitu populer di mata masyarakat bahkan saya pribadi meremehkan bisnis ini tetapi setelah saya telusuri secara langsung selama beberapa bulan terakhir,saya bisa  menyimpulkan jika bisnis ini sangat menjanjikan.

Bisnis warkop+hot spot adalah sebuah bisnis yang menggabungkan antara kafe dan warnet dengan bahasa populernya adalah warkop. Perbedaan dengan warnet adalah tarif akses internetnya yang di gratiskan. Pengunjung warkop ini cuma diharuskan membeli minimal satu menu yang disediakan oleh pengelola warkop. Menu yang disediakan biasanya beragam mulai minuman, seprti: kopi, kopi susu,teh susu dan minuman la
innya serta makanan kecil, atau makanan berat.

Dari beberapa warkop yang saya kunjungi selama 8 bulan terakhir ini, ada beberapa warkop yang hanya menyediakan minuman saja dan rokok. Mungkin dengan pertimbangan lebih praktis bagi pengelolanya. dan tidak di perlukan keahlian yang khusus untuk menyajikan menu tersebut, disisi lain bisa mengirit tenaga kerja yang di perlukan.

tetapi berbicara masalah keuntungan (profit) tentu sangat besar dari menjual minuman yang sederhana saja. Secangkir kopi susu yang dijual dengan harga 8 ribu rupiah, keuntungannya bisa mencapai 7 ribu untuk satu cangkir. serta harga makanan dan minuman selain menu utamanya di beberapa warkop terkadang dibuat lebih mahal dari harga eceran di luar dan itu tidak masalah bagi pengunjung karena bisa mengakses internet sepuas mereka.

Menurut pengamatan saya pengunjung warung kopi  (warkop) dalam satu hari bisa lebih dari 50 orang, bahkan ada satu warkop yang termasuk padat pengunjungnya, setiap saya datang ngopi rata-rata pengunjung di atas 25 orang, yang artinya jika pengunjung ini di kalikan dalam 24 jam  bisa kunjungan mencapai 200 0rang/ dengan perhitungan 1 0rang duduk selama 4 jam. karna pada Umumnya warkop beroperasi selama 24 jam.  Anggap saja keuntungan penjualan tiap orang 6 ribu rupiah dikalikan 100 orang saja berarti 600 ribu perhari x 26 hari kerja saja sama dengan  Rp.15.600.000.- perbulan. ini masih perhitungan minimal saja, ke untungan yang lain seperti makanan ringan rokok, dll. disepelekan saja. otomatis jika di hitung semuanya ke untungannya bisa jauh lebih besar.

Sekarang coba kita hitung pengeluaran tiap bulannya: Bayar gaji keryawan 3 orang Rp.1.000.000,-x 3 = Rp.3.000.000,- bayar speedy Rp.1.000.000,- speedy unlimited (tak terbatas) Biaya Ops warkop Rp.2.500,000,-(listrik+PAM+dll) kontrak tempat Usaha Rp.3.000.000,-/bln. total Rp.9.500,000,- berarti masih ada untung Rp.6.100,000,-/bulan itupun uraian di atas saya menggunakan perhitungan keuntungan yang minimal dan pengeluaran yang maksimal, dan hanya berhitung  1 orang pengunjung hanya beli minuman saja (kopi,kopi susu) yang seharga Rp.8.000. saja bagaimana dengan keuntungan lain yang potensi profitnya bisa jauh lebih besar jika kita pandai melihat kebutuhan pengunjung.

jika Anda saat ini tengah bingung ingin membuka usaha apa? Saya sarankan bisnis warkop saja, apalagi jika anda sudah punya lokasi sendiri yang dekat dengan pusat keramaian, sepoerti kampus. Saat ini sebagian besar mahasiswa mempunyai laptop karena sudah menjadi kebutuhan dasar. Bahkan beberapa fakultas sudah mewajibkan mahasiswanya mempunyai laptop. Bukan hanya mahasiswa yang kini ramai-ramai memiliki laptop, para pelajar pun banyak yang memilikinya. Hal ini didukung dengan semakin murahnya harga laptop. Dapat saya simpulkan pangsa pasar bisnis warkop akan terus berkembang dan semakin di minati orang terutama untuk lingkungan kos-kosan dan kampus.(amatory)

3 thoughts on “Prospek Bisnis Warkop

Jadilah Orang Pertama mengomentari tulisan kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s